Cara Publikasi Jurnal Ilmiah Nasional Gratis, Cepat dan Mudah Tahun 2021

  • Whatsapp

Tentunya kita ingin melakukan publikasi jurnal secara gratis, mudah dan cepat tentunya. Tetapi kita tidak tahu dimana saja tempat publikasi jurnal nasional gratis berada.

Bacaan Lainnya

Berbeda dengan masa pada sekolah, tugas pada masa kuliah tidak jauh dari karya ilmiah, baik berupa artikel, jurnal, skripsi. Maupun tugas akhir merupakan syarat kelulusan dalam bentuk karya ilmiah.

Nama karya ilmiah harus dengan sumber ilmiah yang terpercaya. Yang biasanya kita dapat dari buku atau jurnal yang sudah ada sebelumnya.

Tenang saja, karena banyak orang yang menyediakan publikasi jurnal secara gratis. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan perlu kita waspadai.

Metode penyebaran jurnal nasional gratis ini memang idaman banyak orang. Karena merupakan langkah awal untuk membuka pintu sukses dalam penelitian dan penerbitan.

Baca Juga : Cara Membuat Jurnal Pada Open Journal System

Bagaimanasih Cara Mempublikasikan Jurnal Ilmiah Nasional Secara Gratis?

Agar jurnal Anda lolos verifikasi pada tingkat nasional dan bisa publikasi secara gratis, dan bisa dipublikasikan dengan baik di jurnal nasional tahun 2021. Ada beberapa teknik khusus yang akan sangat membantu.

Syarat- Syarat Publikasi Jurnal Nasional Gratis

Terdapat 5 tips untuk anda yang ingin mempublikasikan jurnal secara gratis. Pada Kesempatan ini juga kita akan bahas secara tuntas.

Jadi anda sangat bisa mempublikasikan jurnal anda secara gratis tanpa mengeluarkan duit sepeserpun . Agar bisa lolos seleksi dari reviewer ada beberapa tips yang bisa anda ikuti sebagai berikut :

1 Original atau Orisinil

Entah artikel yang kita tulis harus asli atau tidak milik orang lain, dalam hal ini merupakan indikator terpenting yang harus anda patuhi saat ingin menerbitkan jurnal.

Plagiarisme biasanya bisa mencapai minimal 20% sebelum bisa dipublikasikan pada portal jurnal.

Untuk memeriksa apakah artikel itu plagiasi, kita dapat memerika dari judul atau konten indeks, seperti Google Cendekia atau lainnya.

2. Tema Jurnal Harus Menarik

Selain orisinalitas, tema jurnal juga menjadi salah satu hal yang harus anda perhatikan penerbit saat memilih jurnal.

Mereka cenderung menyukai jurnal yang membahas isu-isu hangat terkini.

Oleh karena itu, jika subjek karya Anda sudah kadaluwarsa, jangan berharap terlalu banyak kesempatan untuk menerbitkannya.

3. Publikasi Jurnal Sesuai Bidangnya 

Bagi penulis jurnal pemula atau calon penulis jurnal yang sedang mencari informasi, sebagian orang mungkin belum memahami masalah konsistensi dalam bidang keilmuan.

Oleh karena itu, pastikan apakah Anda ingin menulis publikasi jurnal nasional, pastikan bidang ilmu yang Anda teliti menjadi subjek atau fokus penelitian Anda.

Misalnya, memperoleh pengetahuan manajemen dan kemudian mengirimkan buku harian tertulis adalah sama. Mengapa harus sesuai dengan bidang studinya? Jawabannya sederhana.

Karena saya sudah menekuni bidang ilmu dari awal (bertahun-tahun), menurut saya jurnal yang saya tulis juga memiliki konten yang menarik, dan saya bisa mendapatkan beberapa hal baru dari pengalaman menekuni bidang tersebut.

4. Sesuai Dengan Kaidah Pada Peraturan Penyelenggara Publikasi 

Cara penerbitan jurnal nasional gratis adalah mengikuti aturan penyelenggara jurnal. Tentu saja, ini membantu proses seleksi.

Mengenai aturan mainnya, setiap penyelenggara memiliki aturannya sendiri-sendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan aturan yang berlaku.

Beberapa aturan yang perlu kita perhatikan, seperti menyesuaikan template diary yang diinginkan penyelenggara atau memperhatikan aturan sitasi. Beberapa penyelenggara juga prihatin dengan peraturan bibliografi, masalah etika publikasi, dan ruang lingkup.

Tujuan mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara, selain untuk memberikan kesempatan jurnal Anda lolos publikasi, tentunya juga memudahkan editor untuk memilih, memverifikasi dan membantu dalam penyerahan.

Kelihatannya sangat sederhana, tetapi pada saat ini itulah yang paling penting dan sangat penting.

Sebelum kita mengetahui cara publikasi jurnal gratis, ada hal yang harus anda perhatikan tentang susunaj jurnal yang baik.

Berikut susunan jurnal yang baik dan benar :

  1. Judul.
  2. Abstrak.
  3. Pendahuluan.
  4. Bahan dan Metode.
  5. Hasil.
  6. Pembahasan.
  7. Kesimpulan.
  8. Daftar Pustaka

8 poin ini harus anda pahami, karena poin tersebut merupakan kaidah untuk menulis jurnal dengan baik dan benar. Selain itu anda harus memahami portal atau tempat jurnal yang bersifat gratis

Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis

Setelah mengetahui jurnal mana yang bisa kita masuki, tak kalah pentingnya untuk mengetahui publikasi jurnal nasional mana yang gratis.

Saya yakin banyak orang akan bertanya di bagian ini, di mana saya dapat mempublikasikan tempat-tempat ini secara gratis? Tidak mudah untuk sampai ke tempat Anda mau menerbitkan jurnal resmi nasional secara gratis.

Namun, saya memiliki beberapa tips tentang penerbitan gratis.

Jurnal Syntax Literate ( Sinta 4 )

cara publikasi jurnal nasional

Journal Social Science ( Jurnal Internasional )

publikai jurnal gratis

Jurnal Pendidikan Indonesia

Journal Indonesia Sosial Sains

Journal Indonesia Sosial Teknik

Dan Masih Banyak Lagi Jurnal Yang Bisa Menjadi Referensi, Anda Bisa Konsultasikan Publikasi Jurnal Anda Pada Kami

Portal Penerbit Jurnal Ilmiah Ynag Bisa Anda Akses

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

Seiring dengan perkembangan zaman, perpustakaan kini muncul tidak hanya dalam bentuk buku fisik, tetapi juga dalam bentuk e-book yang dapat diakses melalui komputer atau smartphone.

Di situs web Perpustakaan Nasional ini, Anda dapat mengakses banyak majalah nasional dan internasional secara gratis.

Perpustakaan Nasional RI menyediakan terbitan berkala dari berbagai sumber terpercaya, seperti Ebsco, SAGE, Neliti, dll.

Karenanya, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas jurnal Fokus Friends yang Anda kunjungi.

2. Garuda

Indeks Publikasi Indonesia atau IPI memiliki lebih dari 5.000 jurnal online dan menyediakan akses jurnal online gratis.

Di sini, Anda dapat mengindeks, mengabstraksi, memantau, dan meningkatkan standar penerbitan jurnal ilmiah untuk jurnal Indonesia.

3. Google Scholar

Google Scholar merupakan mesin pencari untuk mencari informasi atau karya ilmiah, seperti jurnal atau artikel.

Portal tersebut memiliki banyak pengguna, baik peneliti maupun mahasiswa. Ini berguna untuk menemukan dan mengakses publikasi atau mencari topik dengan cepat menggunakan metode ilmiah.

4. LIPI ( Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia )

Jurnal ilmiah LIPI disediakan secara gratis oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia kepada penerbit jurnal ilmiah (asosiasi profesi, lembaga penelitian, lembaga pendidikan, dll).

Setahun yang lalu, lembaga penerbitan jurnal gratis LIPI mencatat lebih dari 8.000 jurnal ilmiah terbitan, dan kurang dari 5.000 jurnal yang mengirimkan terbitannya ke PDII-LIPI secara terus menerus.

Jurnal saat ini mencakup 15.397 jurnal dari universitas dan lembaga penelitian, dengan total 410.788 artikel.

5. Doaj ( Directory Open Aces Policy )

Directory of Open Access Journals (DOAJ) adalah situs online yang menyediakan rangkaian jurnal ilmiah untuk jurnal gratis, mencakup lebih dari 20.000 jurnal.

Selain itu, Anda bisa mencari berbagai artikel ilmiah untuk mendukung karya ilmiah Anda.

6. Citeseer

Citeseer adalah mesin pencari dan perpustakaan digital yang dapat diakses siapa saja untuk mencari artikel ilmiah dan akademis, terutama di bidang komputer dan informatika.

Penutup

Itulah langkah langkah unruk anda yang ingin publikasi jurnal secara gratis. Ada beberapa langkah yang harus anda lakukakan.

Jika anda ingin jalur fast track, kami bisa dampingi anda agar jurnal anda bisa langsung di publikasikan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *