Konsep Dasar Sistem Informasi

Apa itu Konsep dasar Sistem Informasi??

Pastinya ada dari kalian belum tahu tentang dasar konsep sistem informasi.

Oke, Kita kasih tahu apa itu Konsep dasar sistem informasi.

Banyak sekali macam macam konsep dasar sistem informasi.

  1. Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen
  2. Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis

Dan masih banyak lagi yang lainya .

Tetapi Kita akan bahas tentang konsep dasar sistem informasinya saja.

Apa itu Konsep Dasar Sistem Informasi

Sistem informasi adalah sistem internal organisasi yang menjumlahkan kebutuhan pemrosesan transaksi sehari-hari untuk mendukung fungsi manajemen operasi organisasi dan kegiatan strategis organisasi, sehingga dapat memberikan informasi yang dibutuhkan pihak eksternal tertentu untuk pengambilan keputusan.

Dalam suatu organisasi dapat dikatakan sebagai sistem yang menyediakan informasi pada semua tingkatan dalam organisasi pada saat dibutuhkan. Sistem menggunakan sistem informasi atau peralatan sistem lainnya untuk menyimpan, mengambil, memodifikasi, memproses, dan mengkomunikasikan informasi yang diterima.

Pada Sistem informasi terdapat banyak komponen yang harus anda ketahui.

Komponen Komponen Sistem Informasi

Terdapat banyak sekali komponen komponen dalam sistem informasi yang biasa kita sebut ( building block ). Yang terdiri komponen input, model, output, teknologi, hardware, software, basis data dan komponen kontrol.

Komponen tersebut saling berkaitan dan berinteraksi satu sama lain. Untuk lebih detailnya kalian bisa lihat pada gambar

Konsep dasar sistem informasi

Sistem informasi tersusun dari berbagai komponen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Standar proses dalam sistem adalah sebagai berikut:

  • Data disatukan pada komputer atau laptop melalui peralatan input
  • Sistem Proses Data

Ada dua cara dalam proses berlangsung yaitu dengan Batch dan Online.

Bacth ialah pemrosesan data dalam kelompok pekerjaan yang bersamaan pada interval waktu yang tetap. Pengumpulan data transaksi dilakukan pada saat terjadi, kemudian dimasukkan kelompok atau batch.

Sistem lalu mempersiapkan dan merupakan berbagai kelompok tersebut secara periodik, misalnya setelah pemrosesan secara batch.

Batch ini sangat berguna untuk organisasi yang membutuhkan proses dalam kurun waktu yang lama, proses akan terus berjalan sampai selesai atau sampai muncul kesalahan.

Online adalah memproses data segera setelah transaksi tanpa pengelompokan terlebih dahulu. Data yang diperoleh akan segera diproses, dengan kata lain secara real-time.

Misalnya ketika kita membeli barang dan membayar di kasir dengan menggunakan sistem pemrosesan online maka sistem akan langsung mencatat berbagai dampak dari penjualan tersebut, seperti mengurangi data tiap barang, meningkatkan posisi kas toko, dan menampilkannya secara online dan real time. Jumlah yang kami bayarkan. Dengan perkembangan teknologi jaringan, sistem pemrosesan online dapat diselesaikan dari jarak jauh.

1. Komponen Input

Komponen Input artinya input data ke dalam sistem informasi. Penginputan disini dalam artian yaitu meliputi metode dan media pengambilan data yang akan diinput, dan dapat berupa dokumen dasar.

2. Komponen Output

Output berarti keluar yaitu dalam artian hasil dari sistem informasi yang berisi informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna.

3. Komponen Teknologi

Komponen ini sangat penting dalam sistem informasi. Teknologi ini digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu mengendalikan sistem keseluruhan.

4. Komponen Model

Komponen ini terdiri dari kombinasi proses, logika dan model matematis yang akan memanipulasi data masukan dan data yang disimpan dalam basis data dengan cara yang telah ditentukan untuk menghasilkan output yang diinginkan.

5. Komponen Hardware

Perangkat keras atau (hardware) memegang peranan penting sebagai media penyimpanan dalam suatu sistem informasi.

Ini adalah tempat untuk menyimpan database, atau lebih mudahnya menjadi sumber data dan informasi, digunakan untuk kerja sistem informasi.

6. Komponen Software

Komponen ini berfungsi untuk tempat mengolah data yang diambil dari hardware untuk dijadikan suatu informasi.

7. Komponen Basis Data

Komponen ini biasa kita sebut sebagai Database. Database berfungsi sebagai tempat menyimpan data yang saling berkaitan .

Database ini biasa tersimpan pada perangkat keras komputer ataupun pada laptop.

Data perlu kita simpan agar suatu saat kita bisa lihat kembali.

Basis data atau database dapat kita akses menggunakan pernagkat lunak yang disebut DBMS ( Database Management System ).

8. Komponen Kontrol

Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti bencana alam, kebakaran, suhu, air, debu, penipuan, kegagalan sistem, inefisiensi, kegiatan sabotase, dll.

Beberapa tindakan pengendalian perlu ada rancangan yang baik dan harus anda laksanakan untuk memastikan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat anda cegah dan bisa langsung diatasi.

Itulah komponen sistem informasi yang harus anda ketahui.

Manfaat Sistem Informasi

Banyak sekali manfaat manfaat dari sistem informasi selain mengurangi cost biaya anda juga lebih hemat tenaga.

Berikut ini Manfaat dari Sistem Informasi :

  1. Meningkatkan Perencanaan dan pengendalian manajemen
  2. Dapat mempercepat aktivitas
  3. Mengurangi Kesalahan Kesalahan Manusiawi
  4. Yang terakhir lebih hemat biaya

Selain dari keuntungan di atas ada juga manfaat yang bisa kita rasakan wujudnya.

Keuntungan tersebut yaitu berupa penghematan dalam perusahaan yang bisa anda ukur secara kuantitasnya dalam konversi satuan nilai uang.

Berikut contoh keuntungan berwujud :

  • Pengurangan biaya operasi
  • Menimalisir kesalahan proses
  • Mengurasi biaya telekomunikasi
  • Mengurangi kredit tagih

Penutup

Itulah contoh manfaat yang bisa anda rasakan dari sistem informasi ini. Semakin kesini sistem informasi semakin canggih dan anda harus selalu mengupdatenya agar bisa mengikuti zaman milenial pada saat ini.