Cara Mengatasi Harddisk Tidak Terbaca

Harddisk tidak terbaca merupakan masalah bagi kebanyakan orang. Faktor penyebab harddisk tidak terbaca bisa disebabkan oleh banyak faktor. Tapi tenang saja kali ini kami akan membentu menyelesaikan permasalahan anda untuk lebih jelasnya simak artikel ini sampai habis.

Harddisk meurpakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penyimpanan data komputer itu sendiri. Harddisk juga berisikan sebuah data sistem berupa data untuk membuat komputer berjalan dengan baik. Data yang tersimpan berupa dokumen, gambar, data sistem, OS maupun aplikasi.

Hardisk juga memiliki beberapa jenis seperti harddisk ATA/AIDE, harddisk SC SI, harddisk RAID, harddisk SATA dan harddisk SSD.

Komponen harddisk terpisah, komponen tersebut terhubung menggunakan sebuah kabel dengan motherboard. Fungsi harddisk sendiri yaitu sebagai sarana back up, sebagai space penyimpanan data, dan bisa menyimpan file dalam beberapa format.

Tetapi selama menggunakan harddisk anda pasti pernah mengalami harddisk bermasalah sehingga harddisk tidak dapat terbaca. tenang saja kali ini kami akan memberikan tips untuk anda ketika anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Tentu saja ada banyak sekali faktor dan penyebab menagapa hardisk tidak bisa terbaca, sebalum kita mengetahui cara untuk mengaktifkan kembali hardisk yang tidak bisa terbaca.

Kita menganalisis terlebih dahulu apa masalah nya, mengapa hardisk kita tidak bisa terbaca. Setelah itu kita tahu masalahnya dimana , lalu kita langsung meperbaiki masalah tersebut.

Gak Kebayang Kalo Datanya Hilang

Faktor Penyebab Harddisk Tidak Terbaca

Banyak Sekali faktor yang bisa menyebabkan hardisk kita tidak bisa terbaca oleh windows eksplorer. Baik itu karena kelalaian kita maupun tidak sengaja.

Dan saya juga pernah mengalami harddisk tidak bisa terbaca oleh windows, atau ketika harddisk lemot. Tapi tenang saja kita sudha mengetahui caranya agar hardisk tersebut bisa anda gunakan kembali.

Berikut Faktor Yang bisa menyebabkan hardisk tidak bisa terbaca:

  1. Os atau Windows Tidak Bisa Membaca Harddisk
  2. Kabel pada USB Terdapat Masalah Atau Sobek
  3. Penutup Atau Casing Pada Hardisk Terdapat kelonggaran ataupun bisa jadi rusak
  4. Karena Terjatuh ( karena harddisk sangat rentan terhadap guncangan)
  5. Harddiksnya Sudah Terlalu Lama Atau (Berumur)

Itulah faktor atau penyebab mengapa harddisk tidak bisa terbaca, oleh sebab itu mengapa harddisk anda tidak bisa terbaca.

Cara Mengatasi Harddisk Bad Sector / Tidak Terbaca Dengan Mudah

Banyak sekali cara untuk mengatasi harddisk bad sector atau tidak terbaca dengan mudah, kalian bisa mengikuti cara cara pada dibawah ini untuk mengatasi harddisk tidak terbaca.

Untuk itu anda tidak usah khawatir bagaimana mengembalikan harddisk yang tidak terbaca, karena saya juga pernah merasakan nya seperti itu.

Cara dibawah ini bisa anda coba untuk mengembalikan harddisk yang sudah tidak terbaca, ikuti langkah dibawah ini sampai habis agar anda tahu dan paham cara untuk memperbaikinya.

1. Re-Install driver

Cara mengatasi harddisk tidak terbaca adalah dengan me re-install driver, kira-kira bagaimana caranya. Mari kita simak langkah-langkahnya :

  • Pertama, anda harus “Start” lalu arahkan kursor ke “Computer”
  • Kedua, setalah anda menemukan “Computer” lalu klik kanan dan pilih “properties”
  • Ketiga, kemudian pilih “Device Manager
  • Keempat, anda harus mengecek kabel USB
  • Kelima, lalu anda bisa meng klik kanan device dan klik “Update Driver Software
  • Keenam, klik “Browser My Computer for Driver Software
  • Ketujuh, klik “Let Me Pick from a List of Device Drivers on My Computer
  • Terakhir, jika sudah klik next dan instal sampai selesai.

2. Manajemen Ulang Pada Disk Management

Jika cara pertama belum efektif anda bisa melakukan cara ini, langkah utama yang harus anda lakukan adalah

  • Pertama, pada kolom search menu windows ketik “disk
  • Kedua, setelah itu ” Create and Format Harddisk Partition
  • Ketiga, atau bisa juga klik pada keyboard “Windows + R”
  • Keempat, setelah halaman Run muncul ketik “diskmgmt.msc”
  • Terakhir, jika sudah maka akan muncul halaman “Computer Management” dan cobalah format ulang

Perlu anda ingat jika anda melakukan cara ini maka data yang anda miliki akan hilang karna semua data akan terhapus.

3. Non Aktifkan USB Selective

USB Selective merupakan fitur yang memiliki fungsi untuk mengatur input daya dalam keadaan rendah ketika tidak terpakai.

Untuk menonaktifkan USB Selectif hal yang utama yang harus anda lakukan adalah mengklik power plan pada power windows, kemudian klik advenced power settings, lalu pilih USB Setting dan pilih lagi menu USB Selective terakhir atur pengaturan ke Disabled simpan kemudian restart laptop atau PC anda.

Cara Mengatasi Harddisk Tidak Terbaca Dengan Mudah dan Cepat

4. Ganti Kebel USB

Tanpa anda sadari bahwa kabel USB juga dapat menjadi penyebab tidak terbacanya harddisk.

Pastikan kembali jika kabel USB yang anda gunakan berfungsi dengan baik, karena jika kabel USB rusak maka akan mengganggu fungsi transfer data dan juga daya listrik hal tersebut yang membuat harddisk anda tidak terbaca.

5. Ganti Casing Harddisk

Kesing pada harddisk eksternal memiliki beberapa komponen sederhana yang tujuannya adalah untuk melindungi isi dari harddisk eksternal.

Apabila komponen dari casing ada yang rusak maka tentu saja akan berpengaruh pada harddisk tersebut.

6. Ganti Letter Hraddisk

Cara mengganti letter pada harddisk sangat mudah, yang pertama yang harus anda lakukan adalah

  • Pada kolom “Seacrch Windows” ketik “disk management” kemudian buka.
  • Klik “Changer Drive Letter and Path” setelah itu “Change” untuk mengubah letter.
  • Ikuti petunjuk sampai selesai.

7. Garansikan Harddisk

Jika kelima cara tersebut tidak bisa, maka anda jangan khawatir masih ada cara lain yang bisa anda coba. Anda bisa meng garansikan harddisk karena bisa jadi harddisk nya yang memang rusak.

Kerusakan pada harddisk dipicu oleh banyak sebab, bisa karna terjatuh atau karna listrik mati secara tiba-tiba.

Penutup

Penggunaan harddisk sudah merambah ke bagian harddisk eksternal jenis-jenis harddisk eksternal juga mempunyai ragam yang bermacam-macam. Fungsi harddisk eksternal salah satunya untuk mem back up data-data terutama data yang berkapasitas besar.

Namun sama dengan harddisk internal, harddisk eksternal juga mempunyai permasalahan yang hampir sama yaitu seringkali harddisk tidak terbaca oleh komputer penyebabnya beragam bisa dari fisik maupun dari programnya.