Cara Mempercepat Kecepatan Website

Masih bingung bagaimana cara memeprcepat kecepatan Website? Anda pasti kesal ketika Website anda lambat, sebenarnya ada beberapa faktor yang menghambat kecepatan Website. Apa saja kira-kira faktor dan cara mempercepat kecepatan Website. Simak tuntas artikel ini.

Seperti orang kebanyakan, kamu pasti tidak ingin mengalami masalah pada kecepatan Website. Apalagi jika anda sedang mencari suatu informasi pada website tertentu tetapi malha menjumpai halaman dengen loading page yang lama.

Loading lama dapat berakibat pengunjung page meninggalkan website tersebut. Selain itu, dalam jangka panjang Website akan berakibat penurunan pada Google Ranking.

Selain itu ada kerugian lain jika Website kamu mengalami permasalahan terhadap kecepatan yaitu penurunan pada Trafik Website, tingkat Konversi menurun serta merusak kesan pertama menjadi pengunjung Website.

Menurut Kissmetrics 40% pengunjung Website akan meninggalkan Website yang mereka buka jika loading melebihi 3 detik.

Nah kira-kira hal apa saja yang perlu diperhatikan nutuk mempercepat kecepatan Website. Simak terus cara-cara dibawah ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Melakukan Pengecekan Kecepatan Website

Beberapa patokan pedoman penilaian kecepatan suatu Website :

  • Dibawah 1 detik = Sempurna
  • 1-3 detik = Diatas rata-rata
  • 3-7 detik = Rata-rata
  • 7 Detik Leah = Jelek

Beberapa Website seperti Google Page Speed, Pingdom, GTMetrik dapat membuat kamu melakukan analisa kecepatan Website serta memberikan masukan.

Cara Mempercepat Kecepatan Website

Ada beberap faktor yang perlu di perhatikan ketika mengsalami Website yang lambat, anda harus bijak memgetahui penyebab dan solutie untuk mempercepat kecepatan Website.

Perkecil Ukuran Gambar

Setelah mengkompres ukuran gambar selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memperkecil ukuran Pixel gambar. Kemudian edit kembali ukuran gambar tersebut ke dalam ukuran yang surah direkomendasikan.

Jangan Menggunakan Tema Yang Berat

Banyak yang tidak menyadari jika bahwa tema juga mempengaruhi kecepatan pada website, Karena dengan berbagai elemen visual yang menarik atau semakin kompleks halaman website maka semakin lama juga loadingnya.

Jangan Menginstall Terlalu Banyak Plugin

Hapus plugin yang sekiranya tidak terlalu butuh, pilih plugin yang panting dan memiliki yang baik pada website sertayang tidak memuat script, tidak banyak request dan tidak menambahkan ekstra query keypads database.

Memasang Iklan yang Terlalu Banyak

Iklan memang merupakan sustu penghasilan tambahan pemilik Website. Namun ada baiknya jika anda tidak terlalu banyak memasang iklan pada Website.

Selain akan mengganggu pengunjung Website, jumlah Banner terlalu banyak juga memperlambat kecepatan Website.

Optimalkan Database

Seringkali Database menyimpan data yang tidak berguna sehingga Database harus anda bersihkan secara rutin.

Anda bisa menginstall Plugin untuk mengoptimalkan Database seperti WP Optimize dan Advanced Database Cleaner.

Plugin ini akan otomatis menghapus data yang tidak anda perlukan dari Database anda sehingga dapat mempercepat kecepatan Website.

Aktifkan Kompresi Gzip

Kompresi Gzip digunakan nutuk mempercepat kecepatan Website anda. Fungsi Gzip adalah nutuk mempekecil ukuran Websire CSS, HTML, Javascript, Json, Xml maupun font. Selain mempercepat loading website summer daya server dan bandwidthhosting anda akan menjadi lebih hemat.

Penutup

Nah silahkan anda mencoba beberapa cara diatas untuk mengoptimalkan kecepatan pada Website anda, perlu di inata tidak semua cara berhasil anda harus telebih dahulu mencobanya.