Cara Membuat Website Sendiri

Di era yang semakin canggih dan semakin modern, kegunaan teknologi seperti internet semakin banyak digunakan oleh banyak orang di berbagai kalangan untuk mempermudah segala sesuatunya.

Dengan semakin banyaknya pengguna internet, jumlah website terus bertambah. Hal ini merupakan sesuatu hal yang sangat wajar karena di era yang sangat modern ini membuat website merupakan salah satu hal yang tidak sulit untuk dilakukan. Anda bahkan bisa membuat website sendiri dengan mudah.

Baca Juga Artikel Lainnya : Cara Membuat Landing Page Dengan Mudah

Cara Membuat Website Sendiri Dengan WordPress

Siapasi yang tidak tahu dengan wpodpress? Salah satu CMS yang bisa membatu kamu untuk pembuatan blog atau website. WordPress sendiri adalah platform pembuatan website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003.

Dengan kehadiran wordprress membatu kamu untuk mempermudah membuat suatu website ataupun blog, menjadikan keuntungan juga bagi penggunanya karena mudah diakses dan prosesnya cepat.

Yang lebih menarik dari WordPress ini juga adalah WordPress merupakan software yang bisa digunakan secara gratis.Selain itu, WordPress menyediakan plugin yang memudahkan pengguna untuk menambahkan fitur di website hanya dengan sekali klik.

6 cara untuk membuat website sendiri dengan menggunakan WordPress, yaitu:

1. Instal WordPress

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menginstall WordPress adalah mendownload file instalasi wordpress dari situs resmi. Hal ini bertujuan agar terhindar dari virus yang bisa merusak PC. File yang diunduh melalui situs resmi berbentuk ZIP. Selanjutnya pengguna bisa mengompres file tersebut menggunakan aplikasi WinRAR.

Selanjutnya setelah kamu mendownlaod file dan mengompresnya, kamu harus mengunggah file menggunakan filezilla. Serta harus memahami bahwa dalam menggunggah file tersebut membutuhkan koneksi antara file manager di komputer dan di hosting.

Apabila kamu sudah berhasil menghubungkan file manager di komputer dengan hosting, maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalahmengunggah file instalasi. File tersebut bisa diunggah melalui kolom yang terletak pada sebelah kiri di Filezilla. Setelah semua file diunggah selanjutnya kamu harus mengklik kanan lalu pilih tombol “upload”.

Ketika kamu berhasil menggunggah semua file wordpress ke direktori hosting, maka selanjutnya adalah membuat database berupa MySQL. Selanjutnya kamu bisa melanjutkan proses ke proses instalasi dengan membuka domain di browser setelah selesai membuat database MySQL. Dan kamu bisa memilih bahasa yang akan digunakan di WordPress.

Setelah semua langkah dilakukan, maka kamu sudah bisa langsung login karena poses instalasi telah selesai. Kamu bisa login ke admin WordPress yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah login ke admin, maka kamu sudah bisa menggunakan WordPress untuk berbagai keperluan seperti membuat blog ataupun website.

2. Registrasi akun WordPress

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu tentukan nama blog kamu yang akan digunakan. Kemudian isi formulir pendaftaran, dengan memasukan alamat email yang masih aktif karena WordPress akan mengirimkan konfirmasi pendaftaran yang dikirimkan melalui email tersebut.

Kemudia tentukan User name yang mudah di ingat dan tentukan juga passwor untuk akun WordPress kamu, pastikan yang mudah kamu ingat dan tidak diketahui oleh orang lain.

Jika nama blog yang kamu masukkan tadi tersedia dan bisa diterima oleh WordPress, maka pada kolom alamat blog kamu akan tertera nama blog pilihan kamu dengan ditandai tanda centang berwarna hijau.

Setelah itu akun WordPress kamu sudah resmi terdaftar dan bisa digunakan.

3.Kelola dashboard WordPress

Setelah kamu melakukan instalasi WordPress, kamu juga harus masuk ke dashboard WordPress. Berikut adalah langkahnya:

  1. Akses URL dari dashboard admin WordPress kamu
  2. Masukkan username dan password yang dibuat ketika Anda melakukan instalasi WordPress. Kemudian tekan tombol Login.

4. Install Tema dan Plugin

Setelah kamu melakukan penginstalasi tema, langkah selanjutnya adalah menginstal plugin WordPress.

Salah satu keuntungan menggunakan WordPress untuk membuat website adalah tersedianya plugin yang memiliki fungsi sesuai dengan kebutuhan Anda, baik plugin gratis maupun berbayar.

Kamu juga dapat menambahkan berbagai fitur yang dibutuhkan tanpa harus menguasai pemrograman website.

5. Posting artikel

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menulis judul artikel yang ingin kamu buat.

Didalamnya terdapat beberapa menu yang bisa kamu gunakan selain menu block untuk mengedit dan mengatur artikel kamu. Salah satunya adalah menu tools dan option yang berfungsi untuk memilih editor format, kemudian view untuk mengatur bagaimana mode kamu saat melihat artikelmu di screen.

Jika artikel kamu sudah siap maka kamu bisa meninjau kembali untuk melihat hasilnya dengan mengklik tombol preview.

Kamu juga bisa memilih save draft  jika artikelmu ingin kamu simpan terlebih dahulu untuk direvisi maupun diedit atau kamu bisa memilih publish  jika artikel kamu sudah siap di upload.

6. Membuat halaman WordPress

Selanjutnya yaitu membuat halaman WordPress, kira-kira apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk membuat halaman WordPress.

Yang pertama adalah kamu harus terlebih dahulu mengisi halaman pada WordPress tersebutn, setalah mengisi halaman kamu harus menentukan atau memilih konten yang ingin kamu isi di halaman page blog atau website.

Setelah selesai, klik publish.

Jasa Pembuatan Website

Kami juga menyediakan jasa pembuatan website untuk perusahaan maupun website komersil. Anda bisa melihat portofolio kami di website : Syntax.co.id selaku perusahaan jasa konsultan teknologi dan pendidikan.